TazkirahUSM - Sihabuddin Muhaemin,

10 KEUTAMAAN ORANG YANG MENJAGA DZIKIR.

Tazkirah hari ini adalah tentang kelebihan seseorang yang menjaga Dzikir dalam amalan harian. Hati yang bersih akan menjadi tenang.

Ketenagan hati seseorang berkait erat  dengan kebersihan hati. Hati yang tidak bersih, tidak akan  menjadikan hati manusia menjadi tenang. Dzikir dapat menjadikan hati seseorang menjadi  bersih dan memperolehi ketenangan.

Rasulullah SAW menggambarkan perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah SWT  seperti orang yang hidup, sementara orang yang tidak berdzikir kepada Allah SWT sebagai orang yang mati:

مَثَلُ الذِّي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالذِّي لاَ يَذْكُرُ رَبَّهُ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ

Ertinya:
“Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dan orang yang tidak berdzikir, adalah seumpama orang yang hidup dan mati.” (HR. Bukhari)

Allah SWT berfirman dalam al-Qur’an surah Ar-Ra’ad ayat 28:

الذِّيْنَ آمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللهِ أَلاَ بِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ.

Ertinya:
“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan dzikir kepada Allah. Ingatlah bahwa hanya dengan dzikrullah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’ad : 28)

Ketenangan  memiliki makna  yang sangat luas, ia mencakupi kebahagian di dunia dan di akhirat.

Syekh Hasan al-Basri, mengungkapkan dalam sebuah kata mutiara yang sangat indah:

تَفَقَّدُوْا الْحَلاَوَةَ فيِ ثَلاَثَةِ أَشْيَاءٍ : فِي الصَّلاَةِ، وَفِي الذِّكْرِ وَفِي قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ، فَإِنْ وَجَدْتُمْ… وَإِلاَّ فَاعْلَمُوْا أَنَّ اْلبَابَ مُغْلَقٌ

Ertinya:
“Raihlah keindahan dalam tiga hal; dalam shalat, dalam dzikir dan dalam tilawatul Qur’an, dan kalian akan mendapatkannya… Jika tidak maka ketahuilah, bahwa pintu telah tertutup.”

Inilah pentingnya dzikir bagi kebersihan hati seseorang. Dengan dzikir, seorang hamba akan mampu menundukkan syaitan, sebagaimana syaitan menundukkan manusia yang lupa dan lalai.

Dengan dzikir menjadikan amal sholeh menjadi hidup. Dan tanpa dzikir, amal sholeh seperti jasad yang tidak memiliki ruh.

Imam Nawawi mengatakan dzikir adalah:

المُرَادُ مِنَ الذِّكْرِ حُضُوْرُ الْقَلْبِ ، فَيَنْبَغِيْ أَنْ يَكُوْنَ هُوَ مَقْصُوْدُ الذَّاِكرِ فَيَحْرُصُ عَلَى تَحْصِيْلِهِ ، وَيَتَدَبَّرَ مَا يَذْكُرُهُ ، وَيَتَعَقَّلَ مَعْنَاهُ..
Ertinya:
“Yang dimaksud dengan dzikir adalah menghadirkan hati. Seyogyanya hal ini menjadi tujuan dzikir, hingga seseorang berusaha merealisasikannya dengan mentadaburi apa yang didzikirkan dan memahmi makna yang dikandungnya..”

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Isra ayat 110

قُلِ ادْعُوْا اللهَ أَوِ ادْعُوْا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوْا فَلَهُ اْلأَسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيْلاً

Ertinya:
“Katakanlah wahai Muhammad: “Serulah Allah SWT  atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” (QS. Al-Isra’ :110)

Adapun dalam hadits, terdapat beberapa riwayat yang mengungkapkan keutamaan majlis dzikr, diantaranya adalah Hadits Rasulullah SAW:

لاَ يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ”

Ertinya:
“Tidaklah sekelompok orang duduk dan berdzikir kepada Allah SWT, melainkan mereka akan dikelilingi para malaikat, mendapatkan limpahan rahmat, diberikan ketenangan hati, dan Allah SWT pun akan memuji mereka pada orang yang ada di dekat-Nya.” (HR. Muslim)

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda, Allah SWT berfirman:

قَالَ اللهُ تَعَالىَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ :سَيَعْلَمُ أَهْلُ الْجَمْعِ مِنْ أَهْلِ الْكِرَمِ، فَقِيْلَ مَنْ أَهْلُ الْكِرَمِ يَا رَسُوْلُ اللهِ؟، قَالَ مَجَالِسُ الذِّكْرِ فِيْ الْمَسَاجِدِ.

Ertinya:
“Allah SWT berfirman pada hari kiamat, ‘orang-orang yang berkumpul akan mengetahui siapakah mereka yang termasuk ahlul karam (orang yang mulia)’, seorang sahabat bertanya, siapakah ahlul kiram ya Rasulullah SAW?, beliau menjawab, “majlis-majlis dzikir di masid-masjid.” (HR. Ahmad)

Ada 10 perkara dalam Al-Qur’an, yang  berkaitan dengan dzikir diantaranya iaitu:

1. Dzikir merupakan perintah Allah SWT.

Allah SWT berfirman  dalam surah Al-Ahzab 41-44:

ياأيها الذين ءامنوا اذكروا الله ذكرا كثيرا. وسبحوه بكرة وأصيلا. هو الذي يصلي عليكم وملائكته ليخرجكم من الظلمات إلى النور وكان بالمؤمنين رحيما. تحيتهم يوم يلقونه سلام وأعد لهم أجرا كريما

Ertinya:
“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mu’min itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah: “salam”; dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka.” (QS. Al-Ahzab 41-44)

2. Larangan untuk melalaikan dzikir kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-A’raaf ayat 204:

ولا تكن من الغافلين.

Ertinya:
“Dan janganlah kamu termasuk golongan mereka-mereka yang melupkan Allah (tidak berdzikir)” (QS. Al-A’raf :204)

3. Mendapatkan pujian dan syurga bagi orang yang sentiasa berdzikir.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Ahzab ayat 35:

إن المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات والقانتين والقانتات والصادقين والصادقات والصابرين والصابرات والخاشعين والخاشعات والمتصدقين والمتصدقات والصائمين والصائمات والحافظين فروجهم والحافظات والذاكرين الله كثيرا والذاكرات أعد الله لهم مغفرة وأجرا عظيما

Ertinya:
“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mu’min, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keta`atannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu`, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab : 35).

4. Dzikir erat kaitannya dengan kemenangan.

Allah SWT berfirman dalam surah al-Anfal, ayat 45 :

واذكروا الله كثيرا لعلكم تفلحون.

Ertinya:
“..Dan berdzikirlah kalaian yang banyak kepada Allah, semoga kalian beruntung.” (QS. al-Anfal : 45).

5. Kerugian besar bagi orang yang meninggalkan dzikir.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Munafiqun ayat 9:

يا أيها الذين آمنوا لا تلهكم أموالكم ولا أولادكم عن ذكر الله ومن يفعل ذلك فأولئك هم الخاسرون.

Ertinya:
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS. Al-Munafiqun :9).

6. Allah SWT menyebut manusia yang menyebut nama-Nya.

Allah SWT berfirman dalam surah al-Baqarah ayat 152 :

فاذكروني أذكركم واشكروا لي ولا تكفرون.

Ertinya:
“Maka sebutlah Aku, niscaya Aku akan menyebut kalian, dan bersyukurlah kalian kepada-Ku dan janganlah kufur.” (QS. Al-Baqarah : 152).

7. Dzikir sebagai suatu hal yang teramat besar.

Allah SWT berfirman dalamn surah Al-Ankabut, ayat 45:

ولذكر الله أكبر.
Ertinya:
“Dan sesungguhnya mengingat Allah itu lebih besar (dari pada ibadah-ibadah lain)”. (QS Al-Ankabut : 45).

8. Dzikir merupakan penutup setiap amal shaleh.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Jumu’ah ’ah ayat 10:

فإذا قضيت الصلاة فانتشروا في الأرض وابتغوا من فضل الله واذكروا الله كثيرا لعلكم تفلحون

Ertinya:
“Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jumu’ah : 10).

9. Orang-orang yang berdzikir akan dapat mengambil faedah dari  ayat-ayat Allah SWT.

Allah SWT  berfirman  dalam surah Ali Imran 190-191:

إن في خلق السموات والأرض واختلاف الليل والنهار لآيات لأولي الألباب. الذين يذكرون الله قياما وقعودا وعلى جنوبهم ويتفكرون في خلق السموات والأرض ربنا ما خلقت هذا باطلا سبحانك فقنا عذاب النار

Ertinya:
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali Imran : 190-191)

10. Allah SWT menggabungkan dzikir dengan amalan-amalan shaleh lainnya, seperti dengan jihad.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Anfal ayat  45:

يا أيها الذين آمنوا إذا لقيتم فئة فاثبتوا واذكروا الله كثيرا لعلكم تفلحون.

Ertinya:
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (QS. Al-Anfal : 45).

Ya Allah jadikan lidah kami untuk sentiasa menyebut nama-Mu. Tetapkan hati kami ya Allah untuk  selalu mengingati-Mu. Jauhkan diri kami dari perkara yang sia-sia dalam menggunakan lidah ini. Aamiinn Yaa Robbal ‘Aalamiin !!!!!

Wallahu A’lam.
Doakan istiqamah serta Sehat wal Afiat.
Wassalam USM. (Ustaz Sihabuddin Muhaemin).

Catatan:
ILMU ITU HANYA MILIK ALLAH SWT UNTUK DISEBARKAN.
SILA KONGSIKAN DENGAN SESAMA SAUDARA.
Mudah-Mudahan bermanfaat Untuk Semua.
Di Dunia Dan Di Akhirat Nanti. Insya-Allah. Aamiinn !!!!!

Kritik Dan Saran Yang Membina Sangat Dialu-alukan.
Sila tlp/sms kami, USM (012-6653988).
Atau layari laman facebook:
USM – Sihabuddin Muhaemin.

TERIMA KASIH. 
(Shah Alam, Jumaat 17 Muharram 1437 H).

Jangan Lupa Klik Sini
Tidak terasa 6 hari sudah USM berada di bumi Makkah al-Mukarramah dan hanya berbaki dua
Apa keistemewaan Kota Madinah? Sudah 9 hari USM tidak berkongsi TAZKIRAH dengan para  pembaca kerana
Kesombongan manusia. Kenapa? Allah SWT menciptakan manusia dengan kelebihan masing-masing. Namun tak sepatutnya Manusia menyombongkan
Hati yang salim adalah hati yang bersih dan selamat dari segala bentuk perkara yang menyalahi

Leave a Comment

CommentLuv badge

%d bloggers like this: