TazkirahUSM - Sihabuddin Muhaemin,

5 Prinsip Kebahagian Hidup Seorang Muslim

Islam adalah agama yang mengajarkan kesempurnaan  hidup bagi seorang muslim untuk meraih kebahagiaan hidup di dunia dan untuk  bekalan nanti  di akhirat.

Untuk mendapatkan  kebahagiaan hidup tersebut, Islam  mengajarkan kepada  umatnya  beberapa  langkah yang  perlu dilakukan, diantaranya:

1. Lakukan Amalan Yang Paling Mudah Selagi Ianya Bukan Perkara Dosa.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 185:

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْر.

Ertinya:
“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (QS. Al Baqarah: 185).

Rasulullah SAW bersabda dari  hadits Aisyah:

أَنَّهَا قَالَتْ مَا خُيِّرَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَيْنَ أَمْرَيْنِ إِلاَّ أَخَذَ أَيْسَرَهُمَا مَا لَمْ يَكُنْ إِثْمًا فَإِنْ كَانَ إِثْمًا كَانَ أَبْعَدَ النَّاسِ مِنْهُ

Artinya: “’Aisyah RA bercerita: “Tidaklah Rasulullah SAW  memilih antara dua pilihan melainkan Beliau akan  memilih yang paling mudah dari keduanya, selama itu bukan perkara dosa, jika itu dosa, maka beliau manusia yang paling jauh dari melakukan dosa.” (HR. Bukhari dan Muslim).

– Contoh dalam permasalahan akidah: Menyembah hanya kepada Allah SWT semata-mata lebih mudah daripada menyembah banyak sembahan.

– Contoh dalam permasalahan ibadah: Beribadah dengan hanya mencontohi Rasulullah SAW  lebih mudah dibandingkan beribadah dengan mencontohi banyak orang yang tidak ada contohnya dari Rasulullah SAW.

– Contoh dalam permasalahan mu’malah: Berniaga dengan  jujur lebih mudah daripada berniaga dengan menipu dan menutupi keburukan barang atau dengan cara lainnya.

– Contoh dalam akhlak: Berkata yang jujur dan benar meskipun pahit itu lebih baik terus-menerus berada di dalam kebohongan dan  kebatilan.

2. Muslim Yang Baik Tidak Melakukan Kesalahan Dua Kali Pada Perkara  Yang  Sama.

Rasulullah SAW bersabda:

لاَ يُلْدَغُ الْمُؤْمِنُ مِنْ جُحْرٍ وَاحِدٍ مَرَّتَيْنِ.

Ertinya:
“Seorang Mukmin tidak terperosok ke dalam lubang yang sama dua kali.” (HR. Bukhari dan Muslim).

– Contoh permasalahan akidah: jika sudah tahu bahwa selain Allah SWT tidak pernah dapat mendengar permohonan kita, maka jangan meminta/memohon  kepada selain Allah SWT.

– Contoh permasalahan ibadah: jika berjaga malam akan  tertinggal/lambat shalat subuh, maka jangan berjaga hingga larut malam.

– Contoh permasalahan mu’amalah: Jika kita diberi amanah  untuk memegang uang, sedangkan kita tidak amanah, maka jangan menerima amanah itu.

– Jika kita berhutang dan malas untuk membayar padahal sudah ada kemampuan, maka janganlah suka  berhutang.

3. Merasa Rugi Jika Tidak Melakukan Ibadah Dengan Baik  Padahal Kita Ada Kesempatan Untuk Melakukannya. 

Dalam Hadits Abu Hurairah RA dari  Qutaibah RA.

أَنَّ فُقَرَاءَ الْمُهَاجِرِينَ أَتَوْا رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالُوا ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ بِالدَّرَجَاتِ الْعُلَى وَالنَّعِيمِ الْمُقِيمِ. فَقَالَ  وَمَا ذَاكَ . قَالُوا يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّى وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ وَيَتَصَدَّقُونَ وَلاَ نَتَصَدَّقُ وَيُعْتِقُونَ وَلاَ نُعْتِقُ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَفَلاَ أُعَلِّمُكُمْ شَيْئًا تُدْرِكُونَ بِهِ مَنْ سَبَقَكُمْ وَتَسْبِقُونَ بِهِ مَنْ بَعْدَكُمْ وَلاَ يَكُونُ أَحَدٌ أَفْضَلَ مِنْكُمْ إِلاَّ مَنْ صَنَعَ مِثْلَ مَا صَنَعْتُمْ. قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ. قَالَ تُسَبِّحُونَ وَتُكَبِّرُونَ وَتَحْمَدُونَ دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ ثَلاَثًا وَثَلاَثِينَ مَرَّة.

Ertinya:
“Abu Hurairah RA meriwayatakan bahwa orang-orang fakir dari golongan Muhajirin mendatangi Rasulullah SAW mereka mengadu: “Orang-orang kaya mendapatkan darjat yang tinggi dan nikmat yang abadi”, lalu Rasulullah SAW  bertanya: “Kenapa demikian?”, orang-orang fakir berkata: “Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana mereka berpuasa, mereka bersedekah tapi kami tidak bersedekah, mereka memerdekakan dan kami tidak memerdekakan”, maka Rasulullah SAW bersabda: “Mahukah kalian aku ajarkan sesuatu yang kalian akan menyerupai orang sebelum kalian dan mendahului orang setelah kalian dan tidak ada seorangpun yang lebih utama daripada kalian kecuali seorang yang berbuat seperti apa yang kalian perbuat.” Mereka berkata: “Tentu mau, wahai Rasulullah”, lalu beliau bersabda: “Kalian ucapkan subhanallah, alhamdulillah dan allahu akbar setiap akhir shalat sebanyak 33, 33, 33 kali”. (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Lakukan Aktiviti Dunia Yang Matlamatnya Adalah Untuk Mencapai  kebahagiaan Di Akhirat. 

Dalam hadits Riwayat Rabi’ah bin Ka’ab:

عن رَبِيعَةُ بْنُ كَعْبٍ الأَسْلَمِىُّ قَالَ كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ –صلى الله عليه وسلم- فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ فَقَالَ لِى سَلْ. فَقُلْتُ أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِى الْجَنَّةِ. قَالَ « أَوَغَيْرَ ذَلِكَ ». قُلْتُ هُوَ ذَاكَ. قَالَ « فَأَعِنِّى عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ.

Artinya:
“Rabi’ah bin Ka’ab Al-Asalamy RA berkata: “Aku pernah bermalam bersama Rasulullah SAW, lalu aku datang membawa wudhu dan hajat, lalu beliau berkata: “Mintalah”, maka akupun berkata: “Aku memohon kepadamu agar dapat bersamamu di dalam surga”, beliau bertanya: “Adakah yang lain?”, aku berkata: “Itu saja”, beliau bersabda: “Maka tolonglah aku atas dirimu dengan banyak bersujud (banyak melakukan ibadah shalat)”. (HR. Muslim).

5. Meninggalkan Sesuatu Yang Tidak Bermanfaat Dan Faedahnya Untuk Urusan Akhirat.

Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكَهُ مَا لاَ يَعْنِيهِ.

Ertinya:
Sesungguhnya termasuk kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak memberi manfaat baginya.” (HR. Tirmidzi).

Contohnya:

-Jika bercakap akan mendatangkan dosa, maka lebih baik diam.

Ya Allah jauhkan diri kami dari perkara yang sia-sia. Engkau isikan hidup  kami pada  perkara yang  berfaedah. Mudah-Mudahan hidup kami sentiasa berada dalam Rahmat-Mu.  Aamiinn Yaa Robbal ‘Aalamiin !!!!!

Wallahu A’lam.
Doakan istiqamah serta Sehat wal Afiat.
Wassalam USM. (Ustaz Sihabuddin Muhaemin).

Catatan:
ILMU ITU HANYA MILIK ALLAH SWT UNTUK DISEBARKAN.
SILA KONGSIKAN DENGAN SESAMA SAUDARA.
Mudah-Mudahan bermanfaat Untuk Semua.
Di Dunia Dan Di Akhirat Nanti. Insya-Allah. Aamiinn !!!!!

Kritik Dan Saran Yang Membina Sangat Dialu-alukan.
Sila tlp/sms kami, USM (012-6653988).
Atau layari laman facebook:
USM – Sihabuddin Muhaemin.

TERIMA KASIH. 
(Shah Alam, Selasa 14 Muharram 1437 H).
(Shah Alam, Selasa 27 Oktober 2015).

Jangan Lupa Klik Sini
Tidak terasa 6 hari sudah USM berada di bumi Makkah al-Mukarramah dan hanya berbaki dua
Apa keistemewaan Kota Madinah? Sudah 9 hari USM tidak berkongsi TAZKIRAH dengan para  pembaca kerana
Kesombongan manusia. Kenapa? Allah SWT menciptakan manusia dengan kelebihan masing-masing. Namun tak sepatutnya Manusia menyombongkan
Hati yang salim adalah hati yang bersih dan selamat dari segala bentuk perkara yang menyalahi

Leave a Comment

CommentLuv badge

%d bloggers like this: