info kesihatanInfo Pendidikan

Cengkih Untuk Hilang Batuk

Cengkih yang boleh menghilangkan batuk dan gatal-gatal tekak.

Bagi mereka yang pernah ke mekah atau madinah pasti ada yang berpengalaman batuk yang teruk. Kalau tidak pun pasti ada room mate anda yang batuk.

Ada ramai juga orang arab yang bawa bunga cengkih untuk diberi kepada mereka yang batuk.

 

Apa Kandungan Kimia Cengkih

Cengkeh mengandung minyak asiri 16-20%, eugenol 80-82%, asetil eugenol, kariofilen, furfural, metal-amilketon, vanillin, kariofilen, tannin, gom, serat, air, asam galatanat, kalsium oksalat.

Apakah Cengkih?

Cengkeh (Syzygium aromaticum) termasuk jenis tumbuhan perdu yang dapat memiliki batang pohon besar dan berkayu keras, cengkeh mampu bertahan hidup puluhan bahkan sampai ratusan tahun , tingginya dapat mencapai 20 -30 meter dan cabang-cabangnya cukup lebat.

Cabang-cabang dari tumbuhan cengkeh tersebut pada umumnya panjang dan dipenuhi oleh ranting-ranting kecil yang mudah patah . Mahkota atau juga lazim disebut tajuk pohon cengkeh berbentuk kerucut . Daun cengkeh berwarna hijau berbentuk bulat telur memanjang dengan bagian ujung dan panggkalnya menyudut, rata-rata mempunyai ukuran lebar berkisar 2-3 cm dan panjang daun tanpa tangkai berkisar 7,5 -12,5 cm.

Bunga dan buah cengkeh akan muncul pada ujung ranting daun dengan tangkai pendekserta bertandan. Pada saat masih muda bunga cengkeh berwarna keungu-unguan , kemudian berubah menjadi kuning kehijau-hijauan dan berubah lagi menjadi merah muda apabila sudah tua. Sedang bunga cengkeh keringakan berwarna coklat kehitaman dan berasa pedas sebab mengandung minyak atsiri.

Umumnya cengkeh pertama kali berbuah pada umur 4-7 tahun. Tumbuhan cengkeh akan tumbuh dengan baik apabila cukup air dan mendapat sinar matahari langsung.

Di Indonesia , Cengkeh cocok ditanam baik di daerah daratan rendah dekat pantai maupun di pegunungan pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.Nama Lokal :Clove (Inggris), Cengkeh (Indonesia, Jawa, Sunda), ; Wunga Lawang (Bali), Cangkih (Lampung), Sake (Nias); Bungeu lawang (Gayo), Cengke (Bugis), Sinke (Flores); Canke (Ujung Pandang), Gomode (Halmahera, Tidore);

 

5 Manfaat Cengkeh untuk kesehatan :

Menghilangkan bau mulut

Cara membuat dan Menggunakan: 10 butir cengkeh dicuci lalu di $ eduh dengan 200 cc air pana $, diamkan $ elama lima minit. Kemudian, di $ aring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan $ etiap hari $ ecara rutin.

Ubat masuk angin

Cara membuat dan Menggunakan: 10 tetes minyak cengkeh di masukkan dengan 50 cc air panas, tambah madu secukupnya, dikacau hingga merata lalu diminum selagi hangat. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari.

Ubat sakit kepala

Cara membuat dan Menggunakan: 5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir lada dihaluskan hingga menjadi serbuk lalu dibancuh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum.

Mengatasi radang lambung

Cara membuat dan Menggunakan: 5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir kapulaga, 15 gram kulit limau mandarin, 150 gram lobak, labu parang secukupnya, direbus dengan 1000 cc air panas kemudian diminum.

ubat batuk

Cara membuat dan Menggunakan: 10 butir cengkeh, 10 helai daun sirih, 5 helai daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, dan gula aren secukupnya direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, ditapis lalu diminum 2 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 200 cc

 

 

Jangan Lupa Klik Sini
Saya ingin kongsikan kisah penderma kreatif kepada pembaca blog ini. Kisah ini mungkin menjadi dorongan
Seorang warga Jepun telah di iktiraf sebagai graduan tertua di dunia dengan ijazah. Graduan Seni
Ayat ke 25 dan 26 dalam surah yassin mencatatkan percakapan penghuni syurga iaitu seorang pemuda
S E K A D A R    R E N U N G A N

Leave a Comment

CommentLuv badge

%d bloggers like this: